SEJARAH KONTEMPORER DUNIA





KELOMPOK 11 XII IPS 1
FRISKA ELISABETH
STEPHANY INDRIA


KELOMPOK 1 – RUNTUHNYA VIETNAM SELATAN
Narasumber : Graciella dan Fadli
Latar belakang terjadinya Perang Vietnam yang melibatkan dua negara adikuasa adalah kekalahan Perancis, penjajah Vietnam saat itu, oleh pasukan komunis Vietnam di bawah pimpinan Ho Chi Minh. Karena Amerika Serikat khawatir akan jatuhnya Vietnam ke wilayah pengaruh Komunis, Amerika Serikat melakukan intervensi.
Berdasarkan Perjanjian Jenewa tahun 1954, Perancis meninggalkan Vietnam, namun Vietnam dibagi menjadi Vietnam Utara (yang dikuasai komunis dan didukung oleh China serta Uni Soviet) dan Vietnam Selatan (yang dikuasai nasionalis dan didukung oleh Amerika Serikat). Akibat pembagian ini, terjadilah Perang Vietnam ketika setiap pihak berusaha menguasai dan menyatukan kembali Vietnam.
Vietnam utara dipimpin Ho Chi Minh yang beraliran komunis dan Vietnam Selatan yang beraliran nasionalis dipimpin oleh Bao Dai. Lalu, Vietnam Selatan diduduki oleh Amerika Serikat.
Penyelesaiannya yaitu adanya Perjanjian damai di Paris, Prancis bernama Paris Accord untuk menstabilkan kondisi Vietnam Selatan dan Utara. Namun, tetap saja kondisi Vietnam m tidak damai hingga pada tahun 1975, Vietnam Utara menginvasi Vietnam Selatan di ibukotanya aitu ibukota Saigon. Akhirnya pada 30 April 1975, Ibukota Saigon runtuh dan diganti nama menjadi Ho Chi Minh. Dampak dari Perang Vietnam bagi kondisi politik dan perkembangan ideologi di kawasan Asia Tenggara adalah menangnya ideologi komunis di berbagai kawasan Indocina, seperti Kamboja dan Laos.
(nilai pengetahuan – keterampilan – sikap)
Graciella : 88 – 87 – 87
Fadli : 88 – 87 – 87

KELOMPOK 2 – TERHAPUSNYA POLITIK APARTHEID DI AFRIKA SELATAN
Narasumber : Edelina dan Adila
Awal mulanya yaitu ketika Inggris ingin menguasai tambang emas yang ada di Afrika Selatan. Padahal, sebelumnya sudah ada Belanda yang menduduki Afrika Selatan bahkan mendirikan Tanjung Harapan. Kaum pemukim Belanda ini disebut sebagai kaum Boer. Hal ini yang menyebabkan Inggris berperang melawan Belanda yang dikenal dengan Perang Anglo-Boer. Lalu, Inggris dan Belanda membuat perjanjian damai bernama Treaty of Vereniging yang menyebakan Belanda kehilangan kekuasaan. Inggris dan kaum Boer pun bernegosiasi dengan diusulannya pemisahan (segregasi) rasial dalam bidang lahan, tenaga kerja, dan kependidikan. Afrika Selatan juga menjadi Dominion (Negara Persemakmuran) dalam Kerajaan Inggris. Berapa tahun berikutnya, keluarlah undang-undang yang secara tegas memisahkan orang-orang berkulit putih dan hitam di Afrika Selatan.
Dibawah kepemimpinan Daniel F. Malan, politik apartheid sungguh dilaksanakan. Bahkan dikeluarkan Undang-Undang Larangan Nikah Campur, Undand-Undang Registrasi Penduduk, dan lainnya. Pada masa PM Hendrick Verwoerd terdapat juga ‘baaskap’atau pembangunan terpisah dimana dibangun sebuah wilayah dimana orang-orang kulit hitam dipindahkan yang disebut dengan Black Homelands.
Timbullah perlawanan terhadap sistem apartheid ini dari berbagai pihak seperti adanya Kongres Nasional Afrika (ANC) dengan tokohnya yang terkenal yaitu Nelson Mandela. Pada tahun 1983, Pan Africanist Congress berusaha menghapus istilah ‘homeland’, Negara-negara asing juga mulai menarik investasi dari Afrika Selatan karena banyaknya konflik yang disebabkan politik Apartheid. Akhirnya, politik Apartheid ini berhasil dihilangkan sejak naiknya Nelson Mandela mejadi presiden Afrika Selatan pada 1994.
Edelina : 88 – 89 – 88
Adila : 87 – 88 – 88

KELOMPOK 3 – RUNTUHNYA JERMAN TIMUR
Narasumber : Geas dan Cornel
Awalnya, Jerman terbagi menjadi 2 sesuai dengan Perjanjian Postdam yaitu Jerman Timur dan Jerman Barat. Namun, penduduk Jerman Timur tidak setuju dengan terpecahnya Jerman karena penduduk Jerman Timur tidak mau menganut ideologi komunis, selain itu pertumbuhan ekonomi Jerman Barat yang menganut sistem kapitalis lebih baik dibandingkan Jerman Timur. Akhirnya banyak masyarakat Jerman Timur banyak yang pindah ke Jerman Barat melalui perbatasan. Karena tidak ingin Jerman Timur runtuh, pemerintah Jerman Timur membangun Tembok Berlin untuk mengisolasi masyarakat Jerman Timur yang ingin berimigrasi. Hal ini menimbulkan demonstrasi rakyat Jerman Timur kepada partai sosialis Jerman Timur.
Penyelesaiannya yaitu pada 9 November 1989 runtuhnya tembok Berlin akibat euforia Jerman Barat dan Jerman Timur. Pada 5 Mei 1990, diadakan pembicaraan antara Jerman Timur, Jerman Barat, Uni Soviet, Prancis, Inggris, dan AS tentang penghapusan hak-hak sekutu di Jerman. Pada 12 September 1990, ditandatangani Traktat Two plus Four oleh Menteri Luar Negeri AS, yang memberikan dukungan penuh kepada Jerman untuk bersatu sebagai negara yang berdaulat.
Geas : 88 – 86 – 87
Cornel : 86 – 86 – 87

KELOMPOK 4 – PECAHNYA YUGOSLAVIA
 Narasumber : Shafiya dan Debora
Pada tahun 1970-an, Yugoslavia dipimpin oleh Josip Broz-Tito. Namun, pada era ini juga sudah tejadi berbagai pergolakan yaitu adanya krisis ekonomi dimana terdapat utang yang menumpuk. Tahun 1980, Tito meninggal dan masih menyisakan banyak masalah. Akhirnya mulai 1980, Yugoslavia dipimpin secara kolektif dan mengakibatkan pemerintahan yang tidak stabil. Lalu muncullah seorang tokoh bernama Slobodan Milosevic beretnis Serbia yang menginginkan Yugoslavia dikendalikan oleh orang-orang Serbia. Ia mencabut otonomi Kosovo yang menjadi awal perpecahan Yugoslavia. Penyebab lainnya yaitu keragaman etnis yang terdapat di Yugoslavia.
Penyelesaiannya yaitu Slovenia dan Kroasia pecah dan mendesak Serbia untuk menghargai otonomi setiap bangsa. Makedonia, Bosnia, dan Herzegovina juga memisahkan diri. Sehingga menyisakan Montenegro dan Serbia. Akhirnya, Montenegro mendeklarasikan kemerdekaan pada 3 Juni 2006 yang dikuti Serbia pada 5 Juni 2006. Proklamasi Serbia menandakan bubarnya Yugoslavia.
Shafiya : 88 – 88 – 87
Debora : 87 – 87 – 87

KELOMPOK 5 – PERPECAHAN CEKOSLOVAKIA
Narasumber: Alfian
Latar belakangnya yaitu perbedaan kondisi masyarakat dan infrastruktur dua negara yaitu Ceko dan Slovakia. Ceko menganggap Slovakia sebagai beban, sementara Slovakia merasa dirinya dianaktirikan. Setelah sistem komunisme runtuh, kedua nagara sepakat memisahkan diri agar lebih mudah untuk berkembang kedepannya. Lalu terjadinya kesenjangan ekonomi 1991, ketika GDP Ceko 20% lebih besar dari Slovakia. Pada Januari 1991, diberhentikannya transfer payment (bantuan sosial) dari Ceko ke Slovakia.
Penyelesaiannya pada pertengahan 1992 diadakan pertemuan antara Ceko diwakilkan oleh Vadav Klaus dan Slovakia diwakilkan oleh Vladimir Mecior berunding untuk menentukan jalan keluar yang terbaik. Akhirnya diperoleh keputusan yaitu federasi yang lebih ketat atau membentuk 2 negara yang merdeka yaitu Ceko dan Slovakia berdiri terpisah. Pada 25 Desember 1992, Ceko dan Slovakia resmi dibubarkan tanpa adanya kekerasan.
88 – 87 – 88

KELOMPOK 6 – PERPECAHAN UNI SOVIET
Dimulai pada masa Joseph Stalin. Ia membuat kebijakan tirai besi yaitu memisahkan Eropa Barat dan Timur serta membuat tembok Berlin. Dia juga membuat pengawasan tetap perekonomian yang membuat masyarakat banyak mati kelaparan. Ia juga benar-benar mengendalikan kehidupan politik dan sosial. Ia merupakan pemimpin yang diktator karena jika ada yang melanggar, ia berkuasa untuk menangkap bahkan membunuh. Pemerintahan yang selanjutnya yaitu Nikita Khruschev. Ia membat kebijakan Destalinisasi yaitu menghapus pengaruh Stalin dari pemerintahan. Ia juga mencoba meredakan ketegangan dengan Barat. Ia juga percaya bahwa perang dapat dihindari. Lalu, pemerintahan dilanjutkan oleh Leonid Brezhnev. Ia menghentikan destalinisasi karena ia menyukai kebijakan Stalin. Pengawasan politik pun diperketat dan iajuga mengembangkan pengaruh komunisme dengan cara menyokong salah satu pihak komunis jika ada yang berperang. Pemimpin selanjutnya yaitu Mikhail Gorbachev, dengan politik Glasnost, yaitu keterbukaan politik, perestroika, dan restrukturisasi ekonomi, dan demokratisasi.
Penyelesaiannya yaitu karena banyaknya perubahan dalam sistem pemerintahan, negara-negara Uni Soviet pun mulai memisahkan diri. Dengan terbukanya politik dan sistem ekonomi pasar juga membuat masuknya kapitalisme. Kekuasaan Gorbachev melemah dan sentimen antikomunis juga semakin menguat. Hingga pada 8 Desember 1991, Uni Soviet resmi dibubarkan dan berakhirlah perang dingin.

KELOMPOK 7 – GERAKAN RAKYAT FILIPINA
Latar belakangnya yaitu pemerintahan Marcos, presiden pertama Filipina yang otoriter. Pada periode pertama, ia melakukan berbagai perbaikan. Tapi pada periode kedua, ia berubah menjadi pemerintahan yang KKN, sehingga timbullah demonstrasi mahasiswa menuntut reformasi. 1972, Marcos mengeluarkan undang-undang darurat moneter yang memungkinkan dirinya berkuasa tanpa batasan waktu. Pada pertengahan 1980, industri di Filipina juga tidak ada yang berkembang karena pemerintah tidak mendukung industri ekspor masyarakat. Filipina juga tidak memiliki APBN dan memiliki banyak utang. Latar belakang lainnya yaitu pembunuhan Benigno Simeon “Ninoy” Aquino Jr., tokoh politik yang mengecam pemerintahan Marcos. Pembunuhan Aquino ini menjadikan rakyat Filipina marah.
Penyelesaiannya pada November 1985, Marcos mengumumkan akan diadakannya pemilihan presiden pda 7 Februari 1986. Setelah diadakan, ternyata Marcos kembali memenangkan pemilu. Hal ini menimbulkan kemarahan rakyat hingga pengamat asing, bahkan pemimpin gereja, Kardinal Jaime L. Sin menyatakan adanya kecurangan dalam pemilu. Menteri Pertahanan, Juan Enrile, dan Wakil Kepala Staf Angkatan Bersenjata, Fidel Ramos, juga menyatakan diri melawan Marcos. Puncaknya pada 25 Februari 1986, Mahkamah Agung Filipina melantik Corazon Aquino, istri dari Benigno Aquino yang dibunuh karena kediktatoran Marcos.

KELOMPOK 8 - KONFLIK TIMUR TENGAH ( PERANG TELUK I, II, III)

Latar Belakang:
            Kemerosotan ekonomi Irak setelah perang delapan tahun dengan Iran dalam Perang Iran-Irak.
PERANG TELUK I
PENYEBAB:
1.       Revolusi islam Iran
2.       Persaingan dan ketegangan antara bangsa Arab dan Persia
3.       Masalah minoritas etnis
4.       Keinginan Irak dan Iran untuk menguasai Shatat al-Arab.
Perang pecah pada 22 September 1980 antara Irak dan Iran karena konflik perbatasan dan memanas setelah serangan granant terhadap wakil Perdana Menteri Irak, Tariq Azis pada 1 April 1980. Menjelang berakhirnya perang, Saddam Husein melancarkan serangan menggunakan gas kimia beracun (pembantaian Halabja) yang kemudian dilanjutkan dengan pembantaian kaum Kurdi yang dianggap membela Iran oleh Ali Hassan al-Majid menggunakan senjata kimia dan menewaskan sekitar 150.000 warga sipil. Pada 1989 DK PBB mengeluarkan resu\oluysi agar kedua pihak melakukan gencatan senjata.
PERANG TELUK III
PENYEBAB:
1.      Irak tidak mengakui kedaulatan Kuwait
2.      Keinginan Saddam Husein untuk memunculkan common enemy
3.      Irak menganggap Kuwait mencuri minyak mentah
4.      Ambisi Saddam Hussein menjadi pemimpin Timur Tengah.
Irak menginvasi Kuwait  pada 2 Agustus 1990 di mana Kuwait kemudian meminta bantuan kepada AS. Pada November 1990, DK PBB mengesahkan penggunaan segala cara yang diperlukan untuk melawan agresi Irak. Terjadilah Operasi Badai Gurun pimpinan Amerika. 28 Februari 1991 terjadi gencatan senjata yang mengakhiri perang teluk.

PERANG TELUK II
PENYEBAB:
1.      dugaan AS bahwa Irak memiliki senjata pemusnah massal
2.      melindungi sekutu AS di Timur Tengah
karena dianggap menghindari resolusi untuk menghentikan produksi senjata pemusnah massal, AS mengultimatum Saddam Hussein untuk meninggalkan Irak dalam 48 jam.Amerika berniat melakukan cara militer didukung oleh Israel dan Kuwait. Amerika dan Inggris melakukan ‘Operasi Pembebasan Irak’ pada 23 Maret 2003 dan selesai pada 1 Mei 2003 dengan kemenangan AS.

DAMPAK:
Kebijakan Paul Beremer (penguasa sementara pasca perang Teluk III di Irak) memecat semua loyalis partai Baath pimpinan Saddam Hussein tanpa pandang bulu yang memicu gerakan ekstremis al-Qaeda dan ISIS.\

KELOMPOK 9 - KONFLIK DI ASIA TENGGARA ( INDO-CINA)
LATAR BELAKANG:
Inggris membantu perancis berkuasa di berbagai wilayah Indo-Cina. Posisi Vietnam yang baru merdeka tidak kuat menahan pengaruh Perancis sehingga terpaksa membiarkan Prancis masuk ke Vietnam Utara.
DAMPAK:
1.      Terjadinya persebaran warga vietnam ke negara-negara lain.
2.      Vietnam menjadi negara komunis
3.      As kehilangan pengaruhnya di vietnam dan mengalami kerugian finansial.

KELOMPOK 10 - KONFLIK ASIA SELATAN
KONFLIK KASHMIR (1947)
• Latbel: Wilayah Kashmir adalah perbatasan antara India-Pakistan karena hal inilah terjadi perebutan wilayah kashmir antara kedua negara tsb. Namun 94% pddk kashmir beragama islam jd pddk kashmir pgn masuk ke pakistan drpd india. Namun pd saat itu india udh menguasai kashmir dan th 1932 pddk kashmir melakukan pemberontakan dgn membuat parpol yg dibentuk oleh Syeikh Abdullah dgn nama "The Jammu & Kashmir Muslim Conference" yg tujuannya untuk nentang pihak pemerintah India yg waktu itu dipimpin oleh Maharaja Hari Singh yg terkenal kejam. Th 1934 pemerintah india di kashmir jd melunak krn pemberontakan dr pddk kashmir akhirnya pemerintah india memperbolehkan pddk kashmir untuk mendirikan dpr dan menentukan nasibnya sendiri namun geraknya masih terbatas.
• JALANNYA PERISTIWA:
Konflik ini terbagi menjadi 4 Perang
- Perang I, 1947
Pakistan merebut 1/3 wilayah kashmir namun digagalkan india dgn mengirim pasukan bersenjata. Tgl 13 Agustus 1948, PBB mengeluarkan resolusi dgn membagi wilayah Jammu dan Kashmir menjadi 2 wilayah dan memberikannya kpd India dan Pakistan namun kedua negara tsb menolak
- Perang II, 1965
Pakistan ingin merebut wilayah teritori kashmir yg ada di India dan ingin menimbulkan pemberontakan namun berhasil digagalkan dan india membalas penyerangan tersebut dgn mengambil sebagian wilayah pakistan
- Perang III, 1971
Perang ini bukan karena perebutan wilayah kashmir melainkan india membantu Pakistan Timur untuk menjadi negara merdeka yang nantinya dikenal dengan nama "Bangladesh"
- Perang IV/Perang Kargil, 1999
Perang ini dikenal dgn "Perang Kargil" krn terjadi di wilayah Kargil, Kashmir. Pakistan menyerang pos tentara india yg ada di kargil namun lagi2 digagalkan india dan india mengisolasi diplomatik pakistan
• Penyelesaiian: Konflik Kashmir ini masih terjadi hingga sekarang dan antara 2 negara tersebut sampai sekarang blm mau menyelesaikan konflik tsb
• Dampak:
- Adanya ketengangan hubungan antara India dan Pakistan
- Wilayah Kashmir mjd rentan thd konflik
- Perokonomian kedua negara tdk stabil terutama Pakistan krn kalah perang
- Masyarakat Kashmir banyak yang trauma akan perang tsb dan banyak jg yg mengungsi ke daerah lain

KONFLIK BANGLADESH (2001)
• Latbel: Konflik ini terjadi antara Bangladesh-India tahun 2001 karena adanya pembagian wilayah Benggala tahun 1971 yang masih belum jelas
• Jalannya Perang:
- tgl 16 April 2001 Bangladesh mengirimkan 5 Batalyon dan menyerang tentara india di wilayah India yang ada di Pyrdiwah lalu India mengklaim bahwa Bangladesh menyandera 20 tentaranya, penyerangan bangladesh dibalas dengan menyerang balik wilayah bangladesh di Kurigram.
- Tentara india mengambil desa-desa bangladesh yg ada di wilayah tsb
• Penyelesaian: Konflik berakhir dgn adanya status Quo Ante Bellum yaitu keadaan dimana semuanya kembali seperti semula sebelum terjadinya perang
• Dampak: Sekitar 10.000-20.000 msy kedua negara mengungsi ke wilayah lain

KELOMPOK 11 - KONFLIK ASIA TIMUR (KONFLIK TIONGKOK- PERANG KOREA)
KONFLIK TIONGKOK
Narasumber : Stephany dan Friska
PENYEBAB:
Terjadi akibat persaingan dua partai besar di Tiongkok yaitu partai nasionalis Kuomintang pimpinan Chiang Kai-Shek, dan Parta Komunis Cina (PKC) pimpinan Mao Zedong. Terjadi perpecahan antara kedua partai tahun 1927 karena Chiang Kai-Shek tidak menyukai komunis sehingga melakukan pembantaian terhadap kaum komunis. Karena kekurangan dukungan, pada 1934-1935 Mao Zedong malekukan Long March sepanjang pegunungan Yunan untuk mencari dukungan rakyat, ia berhasil mendapatkan banyak dukungan dari golongan petani.  Kemudian Jepang menduduki dan ingin menguasai Tiongkok di tahun 1939, oleh karena kedatangan Jepang ini kedua partai berkoalisi untuk mengusir Jepang namun tidak berhasil. Maka kedua partai meminta bantuan kepada Amerika dan Uni Soviet yang kemudian membuat lingkup Perang Dingin meluas ke Asia. Setelah jepang pergi akibat dibom oleh Amerika tahun 1945, perang saudara kembali terjadi selama 3 tahun hingga 1949 dan dimenangkan oleh komunis sehingga Mao Zedong segera mendirikan Republik Rakyat Tiongkok sementara kaum Nasionalis mundur ke Taiwan.
PENYELESAIAN:
Tiongkok dikuasai oleh komunis dengan pimpinan Mao Zedong. Namun koalisi antara Tiongkok dan Uni Soviet berakhir pada 1956 akibat kebijakan Destalinisasim oleh Nikita Kruschev. Mao lebih menyukai gaya pemerintahan Stalin sehingga ia menolak untuk berbaikan kembali dengan Uni Soviet. Kedua negara ini kemudian bersaing untuk menduduki posisi pemimpin komunis dunia, persaingan ini dimanfaatkan oleh Amerika untuk menanamkan nasionalismenya ke negara-negara asia lainnya sehingga komunius yang ada di tiongkok tidak meluas ke seluruh Asia.

PERANG KOREA
PENYEBAB:
Konflik di korea diawali dengan keberadaan Jepang di Korea yang kemudian dipukul mundur oleh Amerika dengan dibomnya 2 kota Jepang tahun 1945. Melihat tindakan pengeboman oleh Amerika, Uni Soviet tidak ingin kalah sehingga menyatakan keterlibatan Uni Soviet dalam perang Asia-Pasifik. Keterlibatan Uni Soviet membuat Amerika cemas apabila seluruh Korea ditanamkan komunisme oleh Uni Soviet. Maka dilakukan rencana Grand Design yang merupakan pelucutan senjata tentara Jepang di Korea. Tetapi wilayah pelucutan senjata dibagi dua, Kore Utara di lakukan oleh Uni Soviet sedangkan Korea Selatan oleh AS. Hal ini dilakukan agar komunis tidak menguasai seluruh Korea melainkan bagian Utara saja, ini merupakan awal mula perpecahan Korea menjadi 2 negara yang berbeda ideologi. Tahun 1950, Korea Utara melakukan invasi menuju Korea Selatan. Karena terdesak, AS meminta bantuan PBB. Maka datanglah DK PBB untuk memukul mundur pasukan Korea Utara kembali ke Utara, namun ternyata pemukulan mundur ini dilakukan terlalu jauh hingga ke Tiongkok. Tiongkok yang saat itu telah dimenangkan komunis kemudian membantu Korea Utara beserta Uni soviet.
PENYELESAIAN:
Kala terjadi Perang Korea ini, terpilihlah Eisenhower sebagai presiden baru AS. Eisenhowe tidak menyukai keterlibatan Amerika dalan Perang Korea, maka ia melakukan gencatan senjata dan berbagai perjanjian yang menyatakan bahwa Amerika tidak lagi terlibat dalam permasalahan Korea. Namun negara ini tetap terpisah menjadi 2 negara yaitu Korea Utara dipimpin oleh Kim Il Sung dan Korea Selatan oleh Syngman Rhee.

KELOMPOK 12 - KONFLIK DI EROPA
Narasumber : Arthanti dan Aisyah
PERANG DI KOSOVO 1999
PENYEBAB:
1.      Perbedaan antara etnis Serbia dan Albania yang memeluk agama Kristen Orthodox dan Islam yang saling menduduki wilayah Kosovo.
2.      Keinginan menguasai tanak Kosovo
3.      Wilayah Kosovo pernah menjadi bagian Serbia sebelum kemenangan Ottoman.
Ketika Yugoslavia dipegang oleh Joseph Broz Tito, Kosovo mendapatkan otonomi atas wilayahnya. Kemudian pada 1981 seorang mahasiswa beretnis Albania ditangkap sehingga memuncuklan aksi solidaritas massa Albania. Pada 1987 terpilih Milosevic yang bertekad memperkuat etnis Serbia dalam pemerintahan. Ia mencabut otonomi wilayah Kosovo. Etnis Albania di Kosovo meproklamasikan kemerdekaan dan mempbentuk KLA untuk perjuangan kemerdekaan
PENYELESAIAN:
KLA menyerang Yugoslavia, sedangkan NATO mendukung Kosovo. Perang berakhir dengan perjanjian Kumanovo yg membuat pasukan Serbia dan Yugoslavia menarik diri dari Kosovo dan KLA dibubarkan.

KONFLIK IRLANDIA UTARA
PENYEBAB:
1.      Kedatangan kaum imigrasi Inggris Protestan tahun 1969 di tanah Irlandia.
2.      Peperangan dimenangi oleh kaum Protestan yang kemudian memunculkan diskriminasi terhadap penduduk asli.
3.      Muncul 2 kelompok besar di Irlandia yaitu Loyalis & Unionis serta golongan Nasionalis.
Irlandia terpecah menjadi 2, Irlandia Selatan dengan mayoritas Katolik menjadi negara merdeka sedangkan Irlandia Utara dengan mayoritas Proterstan menjadi negara persemakmuran Inggris. Kaum Katolik didiskriminasi di Irlandia Utara karena wilayah ini merupakan daerah kaum Loyalis dan Unionis. Pada 1968 kaum Katolik mengadakan protes yang berlanjut menjadi kerusuhan. Inggris turun tangan pada 1969 dan kemudian terjadi penghapusan parlemen Irlandia Utara pada 1972 dan terjadi kekerasan politik selama 25 tahun.
Arthanti : 87 – 87 – 88
Aisyah : 88 – 87 – 87

KELOMPOK 13 - KONFLIK DI AFRIKA
Narasumber : Kevin dan Daniel
PENYEBAB:
Di Liberia terdapat 2 kubu dimana mayoritas (95%) merupakan penduduk asli dan 5% bekas bekas budak keturunan Amerika. Walaupun minoritas, kaum bekas budak ini meninggikan dirinya karena mereka berdarah Ameriks. Tahun 1970 terjadi krisis ekonomi dimana komoditi utama Liberia yaitu karet mengalami penurunan drastis. Krisis ini menimbulkan konflik tahun 1979 yang menimbulkan 40 korban jiwa. Pemimping pada masa ini adalah William R yang merupakan keturunan Amerika. Karena merasa tidak suka, maka terjadi kudeta oleh tentara Liberia dipimpin oleh Samuel K. Doe yang merupakan penduduk asli. Kudeta terjadi dengan membunuh presiden William R yang kemudian mendapat kecaman dari luar dan dalam negerinya sendiri. Kemudian Samuel melakukan pemilu presiden dan mendapatkan dirinya terpilih menjadi presiden Liberia. Kemenangan ini dianggap sebuah kecurangan oleh rakyat Liberia. Selain konflik pemilu yang kontroversial ini, terdapat diskriminasi ras yang sangat tinggi di Liberia yang menimbulkan bibit-bibit konflik. Konflik yang terjadi di Liberia banyak memakan Korban dan membuat Liberia menjadi negara termiskin di dunia.

Kevin : 86 – 87 – 87
Daniel : 85 – 87 -87


KELOMPOK 14 - KONFLIK DI AMERIKA LATIN
Narasumber : Sadam
REVOLUSI KUBA
PENYEBAB:
1.      Kesewenangan pemerintahan Fulgencio Batista di Kuba yang menyengsarakan rakyat.
2.      Adanya intervensi dari As
3.      Penggulingan Jacob Arbenz.
Januari 1959, gerakan 26 Juli yang komunis pimpinan Fidel Castro berhasil merebut kekuasaan Fulgencio Batista yang didukung AS. Ketegangan terjadi ketika Kuba mengurangi ketergantungan dengan As dan mulai berhubungan erat dengan Uni Soviet. Eisenhowe pada 1961 emmutuskan hubungan AS dengan Kuba. Presiden AS baru yaitu John F. Kennedy berupaya menggulingkan Fidel Castro dengan menginvasi Playa Giron dan Playa Larga namun gagal dan mempermalukan Amerika di mata dunia. Sejak saat itu Fidel Castro secara resmi menganut Komunis dan menjalin kerjasama yang semakin erat dengan Uni Soviet

KRISIS MISIL KUBA
PENYEBAB:
1.      Hubungan buruk antara AS dengan Kuba pasca revolusi Kuba
2.      Embargo ekonomi oleh AS terhadap Kuba
3.      Pemberian bantuan oleh Uni Soviet kepada Kuba
Uni Soviet membangun 9 pangkalan rudal di Kuba sementara As menyiapkan tentara dan bersiaga penuh melakukan blokade terhadap Kuba. Tanggal 28 Oktober 1962 Kennedy dan Khruschev mengadakan perjanjian untuk mencabut pangkalan rudal di Kuba, mencabut semua blokade dan berjanji Kuba tidak akan mendapat serangan.
87 – 87 - 87

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dukungan Australia dalam Kemerdekaan Indonesia

Panorama Kehidupan